Pengenalan Standar Kompetensi, KD, KI, Indikator dan Tujuan Pembelajaran

Nama : Lailatul Husna Al-illahiyah 

Nim : 0306203090

PGMI-5 

RESUME 5

Pengenalan Standar Kompetensi, KD, KI, Indikator dan Tujuan Pembelajaran 

 KI -> SK -> KD -> Indikator -> Tujuan Pembelajaran 

SYARAT DASAR MEMBUAT INDIKATOR:

Dengan menggunakan pola A B C D

A = Audience 

B = Behavior (Kata kerja / hal yang akan dilakukan)

C = Condition (Kondisi)

D = Degree (Persetujuan)

Contoh Indikator: 

3.1.1 Siswa menyebutkan bilangan asli sampai 500           dengan menggunakan balok Dienes di depan             kelas dengan benar.

Catatan: 

3.1.1 => Disebut dengan simbol KD


TUJUAN PEMBELAJARAN: 

=> Proses + A + C + D

Contoh: 

Dengan menyebutkan bilangan asli sampai 500 siswa mampu menggunakan balok Dienes di depan kelas dengan benar. 

Catatan:

(Tidak boleh 2 kata dalam satu kalimat)

(Indikator & tujuan pembelajaran merupakan hak masing-masing guru)


PEMETAAN KI, KD DAN INDIKATOR 






REVIEW BUKU

A. Identitas Reviewer 

Nama : Lailatul Husna Al-illahiyah 

Nim : 0306203090

Kelas : PGMI-5

Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan


B. Identitas buku yang di review: 

1. Judul : Pembelajaran Tematik                                 

2. Edisi : Cetakan Pertama, Juni 2021

3. Pengarang : Rora Rizky Wandini, M.Pd.I dan 

   Emeliya Sukma Dara Damanik, M.Hum

4. Editor  : Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO.

   Rina Devianty, M.Pd, Amrizal, Mutiara Inwar

5. Penerbit : CV. Pustaka Learning Center

6. Kota terbit  : Malang

7. Tahun terbit  : 2021

8. ISBN : 978-623-6404-01-0


PEMBAHASAN 


A. Presentation

Buku yang kami review kali ini merupakan hasil tulisan dari Ibu Rora Rizky Wandini, M.Pd, yang merupakan salah satu dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan. Buku ini di desain dalam bentuk komik yang membahas tentang Pembelajaran Tematik Terpadu. 

Penyajian cerita dari masing-masing karakter sangat baik dengan keberadaan lokasi yang cukup dekat dan saling  berinteraksi. Cara pengarang menyampaikan ceritanya lewat tulisan-tulisan juga sudah cukup baik. Masing-masing karakter berbicara dan bernarasi sesuai dengan tingkah mereka. Hal ini dibuktikan dengan kualitas gambar dan warna-warna yang sangat menarik, benar-benar berhasil membuat karakter-karakter dalam komik terasa lebih hidup.

 

B. Story

Komik ini menceritakan tentang beberapa mahasiswa dan mahasiswi yang hendak pergi ke kampus untuk melaksanakan perkuliahan. Diceritakan bahwa, ada beberapa mahasiswa yang berpapasan di tengah perjalanan dan kemudian saling membahas tentang materi yang akan di bahas didalam kelas. Mahasiswa-mahasiswi tersebut adalah Rafli, Fajri, Yasir, Aisyah, Imam, Dina, Salsa, Azmi, Ikhsan, dan Azra. Dari beberapa mahasiswa tersebut, tidak sedikit pula yang belum mempelajari materi yang akan di bahas didalam kelas. Adapun materi yang akan mereka pelajari adalah Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu, Pembelajaran Tematik Terpadu, Perencanaan Prota, Program Prosem dan Pemetaan KD, Model Pembelajaran Tematik, Penilaian Pada Pembelajaran Tematik dan Rancangan Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran Tematik.

Cerita dari komik ini bisa dikatakan memiliki sudut pandang, dimana komik ini akan sangat membantu mahasiswa calon guru agar menjadi guru yang profesional dengan persiapan yang matang.  Dengan dibentuk nya buku berdesain komik seperti ini, pembaca akan lebih tertarik dan tidak bosan untuk membaca buku ini lebih dalam. 


C. Art

Gambar dan warna yang di desain dalam komik ini sangat indah dan menarik. Karakter-karakter dari komik ini juga digambarkan sangat sesuai dengan sifat mereka. Contoh yang bisa dilihat dari karakter Fajri yang merupakan seorang anak lelaki yang ambisius dalam belajar, yang dibuktikan dengan kemauan nya yang tinggi dalam mempelajari materi yang akan di bahas di dalam kelas. 


D. Pendapat Reviewer 

Menurut reviewer komik ini cukup bagus jika memang target utamanya adalah calon guru. Karakterisasi dalam komik tersebut terbilang sesuai dengan bagaimana latar belakang satu karakter inti digambarkan. Salah satu contoh adalah Fajri yang telah di sebutkan diatas, bahwa Fajri ini seorang anak lelaki yang ambisius dalam belajar tetapi tidak pelit dan tidak menghujat temannya yang kurang dan belum paham dalam beberapa materi. Sifat Fajri ini telah mencerminkan sifat yang terpuji yang baik untuk ditirukan.

Tentu saja, komik ini juga sebagai refleksi untuk pembacanya, tidak semua  manusia itu sempurna. Konflik yang bisa dicerminkan pada interaksi antar karakternya, misal karakter Fajri seorang anak lelaki yang ambisius, dan Yasir seorang anak lelaki yang kurang persiapan dalam belajarnya.


Kelebihan dan Kekurangan Buku: 

1. Dilihat dari aspek tampilan buku (face value), buku yang di review adalah buku yang sangat menarik perhatian para pembaca maupun reviewer, serta desain yang digunakan pada cover juga cukup baik.

2. Dari aspek layout dan tata letak, serta tata tulis, termasuk penggunaan font adalah:

Tulisan isi buku sudah sangat baik termasuk penggunaan font yang sesuai dengan susunan tulisan tetapi tidak sedikit tulisan yang tercetak kurang jelas.

3. Dari aspek isi buku: 

Isi buku disajikan dengan sangat baik dan lengkap, sehingga mudah untuk dipahami. 

4. Dari aspek tata bahasa, buku tersebut adalah:

Buku yang mudah dibaca karena bahasa yang digunakan merupakan bahasa baku yang familiar sehingga mudah untuk dipahami.


PENUTUP 

A. Kesimpulan 

Buku ini berupaya mengulas dan mempertajam pengetahuan di bidang  Pembelajaran Tematik, khususnya pembahasan materi-materi dalam tematik. 

Pada akhirnya, komik ini tidak hanya menyuguhkan konflik dalam pendidikan, namun, bagaimana manusia saling membantu, menghargai, dan berpartisipasi dalam proses pendidikan.  Alhasil, komik ini dapat direkomendasikan untuk kalangan Mahasiswa dan calon guru dari sudut pandang karakter mereka masing-masing.


B. Rekomendasi

Buku ini menarik untuk dibaca bagi calon pendidik dalam pengupayaan kebutuhan pengembangan pembelajaran tematik, serta menyikapi dan mengantisipasi permasalahan umum yang terjadi pada peserta didik dalam proses pendidikan. 


C. Referensi;

Wandini, R. R., & Damanik, E. S. D. (2021). Pembelajaran Tematik.

http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12050 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUBRIK PENILAIAN TEMATIK

Pengenalan Model Pembelajaran Tematik

Pengenalan Model Pembelajaran Tematik Terpadu